Rabu, 20 Juni 2012

Mulailah Mencintai Indonesia

Kurang lebih dua bulan lagi kita memperingati hari yang paling bersejarah bagi negara ini, yaitu hari kemerdekaan Republik Indonesia tepat tanggal 17 AGUSTUS. Bicara soal Indonesia memang tidak ada habisnya, entah itu bicara tentang budaya, adat istiadat, kekayaan alam, bahasa, dan wisata alam. Semua itu ada di negara tercinta ini, INDONESIA.

Indonesia adalah kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau. Jadi bisa dibayangkan dong, betapa irinya negara-negara lain melihat banyaknya kepulauan yang ada Indonesia meskipun tidak semuanya dapat diperhatikan pemerintah secara khusus. Hipotesis saya, mungkin itu salah satu faktor yang menyebabkan negara-negara lain mengklaim pulau-pulau karena kurang diperhatikan oleh pemerintah.

Ternyata pulau-pulau itu juga mempunyai kekayaan alam, kebudayaan, adat istiadat, bahasa dan wisata yang luar biasa, salah satunya Kalimantan. Kalimantan merupakan pulau terbesat ketiga di dunia dengan luas 539.460 km2. Dengan begitu seharusnya kita bangga mempunyai pulau Kalimantan yang merupakan pulau terbesar ketiga di dunia. Saya benci kalau ada yang bilang kalau dia benci sama Indonesia, hanya cuma masalah pemerintahannya saja tidak melihat sisi lainnya. Menurut saya, orang tersebut salah membuat pernyataan, dia itu bukan benci sama Indonesia, melainkan benci sama pemerintahnya. Iya ga? Selain itu, Kalimantan terkenal dengan julukan "Kota Seribu Sungai" karena banyaknya aliran sungai-sungai yang ada di pulau ini. Sampai-sampai penduduk dulu ada yang berpendapat sungai adalah nyawa penduduk Kalimantan, karena dulunya penduduk Kalimantan sangat bergantung pada sungai, entah itu untuk melakukan aktifitas seperti, mandi, memasak, bermain, alat tranportasi, dan mencari nafkah. Pulau Kalimantan dibagi menjadi empat bagian, yaitu Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan. Namun tulisan saya ini lebih berfokus pada Kalimantan Selatan yang mengajarkan saya banyak hal dari yang sangat menyenangkan, menyedihkan, sampai menggelikan. -_-

Beberapa hal yang paling Indonesia yang terdapat di Kalimantan Selatan.

Suku Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan adalah ibu kota Banjarmasin yang memiliki etnik sangat bervariatif, sehingga tingginya nilai budaya yang ada di daerah ini. Dari wikipedia menurut Museum Lambung Mangkurat etnik yang ada di Kalimantan Selatan memiliki 16 suku, yaitu:
  1. Orang Banjar Kuala,
  2. Orang Banjar Batang Banyu,
  3. Orang Banjar Pahuluan,
  4. Suku Bukit,
  5. Suku Berangas,
  6. Suku Bakumpai,
  7. Suku Maanyan,
  8. Suku Abal,
  9. Suku Dusun Deyah,
  10. Suku Lawangan,
  11. Orang Madura Madurejo,
  12. Orang Jawa Tamban,
  13. Orang Cina Parit,
  14. Suku Bajau,
  15. Orang Bugis Pagatan, dan
  16. Suku Mandar.

Bahasa Kalimantan Selatan

Indonesia mempunyai beraneka ragam bahasa, seperti bahasa Melayu, Sunda, Jawa, Batak, Betawi, Minangkabau, Bugis, Aceh, dan Bali. Ini hanya sebagian bahasa yang tercantum belum lagi bahasa yang digunakan suku-suku pedalaman. Di Kalimantan Selatan sendiri menggunakan bahasa Banjar, namun bahasa tersebut terbagi menjadi dua macam dialek, yaitu dialek Banjar Kuala dan dialek Banjar Hulu.

Dialek Banjar Kuala biasanya digunakan oleh penduduk yang bertempat tinggal di sekitar Banjarmasin, Martapura, dan Pelaihari. Dialek ini mempunyai vokal  a, i, u, o, e, au, ai, dan ui.
Contoh, lapaw (bahasa Indonesia: pukul/tampar), anyar (bahasa Indonesia: baru), dan bulik (bahasa Indonesia: pulang). Sedangkan dialek Banjar Hulu biasanya digunakan oleh penduduk yang bertempat tinggal di sekitar Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan, dan Tabalong. Dialek ini mempunyai vokal a, i, u, au, ai, dan ui. Contoh, kuntaw (bahasa Indonesia: Silat/Berkelahi), hanyar (bahasa Indonesia: baru), dan mantuk (bahasa Indonesia: pulang). Sangat berbedakan? Meskipun berada di pulau yang sama namun mempunyai bahasa atau dialek yang berbeda. Ingat, ini cuma di Kalimantan Selatan belum lagi kalau di selusuh Indonesia, ga kebayang betapa kayanya Indonesia.

Untuk lebih jelasnya lihat ini.

Kesenian Kalimantan Selatan

Kalau bicara kesenian yang ada di Indonesia juga banyak dan itu juga terdapat di Kalimantan Selatan. Banyak kesenian yang ada di Kalimantan Selatan, antara lain mamanda, lamut, madihin.


Mamanda adalah salah satu kesenian teater tradisional yang ada di Kalimantan Selatan. Mamanda hampir sama dengan Opera Van Java yang menggunakan tokoh-tokoh Raja sebagai pemainnya, namun mamanda pada saat tokoh menuju ke panggung sambil menari dan diiringi dengan irama musik panting. Kesenian mamanda ini biasanya digelar pada saat acara pernikahan, panen, dan lain-lain.

Kesenian Mamanda
Lamut merupakan salah satu kesenian atau bisa disebut cerita bertutur yang dimiliki Kalimantan Selatan. Biasanya lamut menceritakan tentang dongeng kerajaan Antah Berantah. Kesenian ini sering diadakan untuk berdakwah, upacara kelahiran anak, dan yang pasti mempunyai pesan tertentu untuk para pendengarnya. Lamut biasanya diiringi dengan alat musik tarbang (robana) yang dipukul oleh pelamutnya sendiri sambil bercerita dan biasanya pelamutan duduk bersila di atas panggung. Salah satu pelamutan yang masih eksis sampai sekarang di Kalimantan Selatan adalah Gt. Jamhar Akbar dan saya pernah bertemu beliau ketika kampus saya mengadakan seminar tentang kesenian Banjar.


Pelamutan
Madihin adalah kesenian yang hampir sama dengan lamut, namun bedanya terdapat pada penyampaian syairnya. Dalam kesenian lamut syairnya berupa cerita tentang kerajaan Antah Berantah dan lebih mengarah kepada seni teater, sedangkan madihin syairnya dibuat secara spontan oleh pemadihinnya dan lebih mengandung humor yang menghibur dengar nasehat-nasehat yang bermanfaat. Dalam pergelaran madihin ada bagian-bagiannya, yaitu pembukaan, memasang tabi, menyampaikan isi (manguran), dan penutup.  Pada saat ini pemadihinan yang terkenal di Kalimantan Selatan adalah John Tralala dan anaknya Hendra.

Bagi yang penasaran bagaimana kesenian madihin itu. Nih ada video John Tralala dengan Hendra saat bemadihinan.



Ini hanya yang ada di Kalimantan Selatan, belum lagi Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan ditambah pulau yang berada di luar Kalimantan, seperti Jawa, Sulawesi, Sumatra, Bali, dan Papua pasti tambah beragam lagi. Menurut saya, sangat bego kalau ada yang bilang bahwa dia benci Indonesia kalau melihat Indonesia dari budaya, adat istiadat, kekayaan alam, bahasa, dan wisata alamnya yang dimiliki negara tercinta ini. Negara mana yang mempunyai kebudayaan sebanyak ini? negara mana yang mempunyai kekayaan alam seperti Indonesia?

Kita sebagai generasi muda, harusnya lebih memperhatikan dan menjaga kebudayaan kita sendiri, karena negara lain aja banyak yang tertarik bahkan sampai ada yang mempelajari budaya kita, apakah kita tidak malu melihat hal itu? sedangkan kita malah asik bergaul dengan kebudayaan luar, seperti fonomena sekarang, kebudayaan kita hampir luntur karena sudah mewabahnya virus Korea yang tanpa kita sadari melunturkan rasa nasionalis dan patriotis kita dengan Indonesia.

Mulai dari sekarang, mulailah mencintai kebudayan kita sendiri karena didalam hidup tidak ada yang namanya kata terlambat. Kalau bukan kita siapa lagi yang mau melestarikan kebudayaan Indonesia, agar anak-anak dan cucu-cucu kita kelak bisa menikmati betapa kaya dan indahnya kebudayaan Indonesia.

Tulisan ini diikut sertakan pada Lomba Blog Paling Indonesia


Resensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Indonesia
http://id.wikipedia.org/wiki/Kalimantan
http://id.wikipedia.org/wiki/Kalimantan_Selatan
http://tatabahasabanjar.blogspot.com/
http://sastradaerahbanjar.blogspot.com/
http://kerajaanbanjar.wordpress.com/2007/03/13/madihin/

14 komentar:

  1. wew.. Nice post!!
    jangan lupa ayo kita hijaukan bumi pertiwi.. go green!! :D

    BalasHapus
  2. itu hanya sebagian dari banyaknya pulau dan daerah di indonesia,.

    BalasHapus
  3. nice posting!!!
    ummm. harus di arsipkan nih budaya kalimatan :D

    BalasHapus
  4. nice post! ternyata bahasa banjar mirip bahasa jawa ya, anyar=baru.

    BalasHapus
  5. berkunjung sekaligus membaca tulisan saudara diatas... Menarik!! Salam kenal dari saya.. jika berkenan, kunjungi juga tulisan saya.. Iwak Peyek dan Garuda yang Tak Pernah Terbang

    BalasHapus
  6. ayo sama2 membudayakan nya,,
    hehehehehehee

    BalasHapus
  7. Komendt back
    Wisanto.cyber4rt.com

    BalasHapus
  8. di kalimantan juga potensi alam nya bagus #go green indonesia :)

    BalasHapus
  9. negera itu maju enggak tergantung kita generasi mudanya.. ^^

    BalasHapus
  10. wihh..
    hidup indonesia..

    ditunggu komen sama follownya..

    BalasHapus
  11. Waduh Kota Kesayangan ane ada di tas nch ....

    Apakah nte orng banjarmasin ?

    BalasHapus
  12. berbobot banget >,< bosss

    BalasHapus
  13. wah, ayo generasi Muda..
    Semangat terus lestarikan budaya kita, dab keep go green

    BalasHapus

Jadilah pembaca yang bersahaja dengan cara menyumbangkan deretan alfabet berupa komentar setelah membaca tulisan ini. Insyaallah yang komen bakalan saya dikomenin balik. So, jangan ragu kalo mau kasih komentar! Happy blogging :)