Jumat, 01 Agustus 2014

[Bakunjangan] Pawon Tlogo: Tempat Asik Bareng Keluarga Ataupun Pacar

Ada beberapa ritual sakral yang sering dilakukan orang ketika lebaran selesai sebelum kembali  ke rutinitas statis masing-masing. Pertama, kumpul bareng keluarga. Kedua, melakukan arus balik. Dan yang ketiga jalan-jalan. Entah jalan-jalannya itu ketempat rekreasi atau ke jalan shirathal mustaqim. Terserah orangnya mau milih yang mana.

Begitu juga saya. Setelah lebaran selesai dan masih menyisakan beberapa hari buat liburan, saya gak mau membiarkan momen langka itu terbuang percuma. Saya buru-buru ngajak doi buat bakunjangan (dibaca: jalan-jalan) ke salah satu tempat yang lagi eksis dan unyu di kalangan anak kekinian di Banjarmasin.

Gak perlu ngebius doi pake kolor bekas biar bisa saya culik buat menemani saya bakunjangan, cukup ngechat doi “temenin aku bakunjangan yuk?” lalu saya pencet send. Gak kerasa ternyata udah hampir 10 menitan doi gak bales-bales, saya sempet berpikir kalo doi males menemani saya karena faktor muka saya yang sebelas dua belas sama koran yang dijadikan alas buat salat ied. Lecek dan kusam. Melihat kondisi dan situasinya kayak gitu, kayaknya saya emang harus ngebius doi pake kolor bekas deh, biar doi mau menemani saya.

Saya yang dari lahir emang bawaannya tenang, langsung buru-buru ngechat doi lagi secara brutal tapi ternyata hasilnya tetep sama, doi tetep gak bales. Saya bingung, saya galau tapi gak sampai ngetweet pake hasteg “nomention” atau “akurapopo” karena itu udah gak zaman atau yang lebih tepatnya karena kouta internet saya habis jadinya saya gak bisa ngetweet pake hasteg yang kayak begituan. Kasian.

Kondisinya masih gak berubah, doi tetep gak bales. Saya coba chat doi lagi dan bertekad dalam hati, kalo doi masih gak bales juga mau gak mau saya harus mengubur ambisi saya buat jalan ditemani sama doi. Isi chatnya masih sama, tapi lebih saya tekankan lagi.

“temenin aku bakunjangan yuk? Aku yang bayarin deh” Langsung saya pencet send sambil berharap doi gak ngeharkosin saya lagi.

Di luar ekspektasi dan gak diduga-duga, ternyata beratus-ratus kali lipat lebih cepat dari kecepatan cahaya chat saya langsung dibales sama doi. Dengan wujud chat yang singkat, padat, tapi bisa bikin saya senyum sumringan sampai gigi saya kering, “oke, kalo gitu aku mau temenin kamu”.

Yaelah nih cewek, pas udah dibayarin baru bales chatnya. Cewek emang hampir semuanya sama, memperlakukan cowok layaknya “dompet”nya. Kalo udah kayak gitu saya gak bisa berbuat banyak lagi, saya cuma bisa ngomong di depan cermin berharap cermin iba melihat kondisi saya saat itu, “sakitnya tuh di sini *nunjuk dompet*”.

Saya pun hanyut dalam chat-chat yang penuh dengan emot sama doi. Setelah panjang lebar ngomongin tempat-tempat yang lagi eksis dan unyu di kalangan anak kekinian di Banjarmasin, akhirnya kami pun memutuskan untuk bakunjangan ke salah satu tempat yang lagi riuh dibicarakan orang-orang.

Pawon Tlogo. Yap, kami memutuskan untuk bakunjangan ke Pawon Tlogo . Salah satu tempat bersantai, makan-makan sambil menikmati pemandangan alam yang keren dan wajib dijadikan destinasi kalo lagi liburan.

Setelah saya hinggap dan berkoar-koar di dalam area yang luasnya kira-kira 2 hektar, saya makin jatuh cinta lagi waktu mata saya memfokuskan pada desain yang ada di dalamnya, yang bernuansa tradisional dan dipercantik dengan kehadiran gazebo-gazebo minimalis yang di kelilingi oleh pepohonan serta danau buatan yang memberikan kesan tenang dan bersahaja.


Pawon Tlogo letaknya di jalan Trans Kalimantan Km 7.1 Handil Bakti Kabupaten Barito Kuala. Kalo udah di jalan Trans Kalimantan dijamin gak bakalan susah menemukan letaknya, selain Pawon Tlogo berada di tepi jalan, desain yang beda dari yang lain juga jadi faktor penyebabnya. Pawon Tlogo buka setiap hari dari pukul 10.00 -22.00 WITA. 

Selain desain dan pemandangan yang jadi nilai tambah Pawon Tlogo, varian menunya juga terbilang komplit. Dari makanan daerah dan nusantara (banjar, jawa,dll), chinese, hingga western dapat kita santap dengan kisaran harga 10k – 300k, serta minuman mulai 5k – 25k. Harga yang bener-bener bersahabat dan ramah dikantong mahasiswa yang dompetnya masih kembang kempis.


Kalo bareng keluarga dan bawa anak-anak juga gak usah cemas dan khawatir, masalah itu udah dipecahkan dengan keren oleh Pawon Tlogo dengan menyediakan fasilitas arena bermain khusus anak-anak, semacam perosotan, ayunan, dan lain-lain. Kurang asik apa lagi coba?

Tunggu apa lagi!! letak yang strategis, desain yang keren, varian menu yang beragam, dan yang paling penting harga yang minimalis kayaknya gak ada lagi alasan buat gak memasukan Pawon Tlogo menjadi tempat bersantai bareng keluarga atau pun bareng ehem, pacar. Situasi yang kondusif, panorama alam yang keren banget mendukung banget buat romantis-romantisan, apalagi kalo malam hari.


Untuk yang bersantai dan makan di gazebo-gazebo unyu itu dikenakan biaya tambahan 25k. Tapi saran saya, kalo mau bersantai dan makan di digazebo itu ada baiknya reservasi  dulu, biar kebagian. Masalahanya gazebo itu hampir tiap hari penuh apalagi kalo weekend atau musim liburan kayak sekarang. Cara reservasinya gimana? simple kok, cek aja diwebnya http://www.pawontlogo.com.

Kalo udah hinggap dan woles di Pawon Tlogo, kalo gak foto-foto rasanya bakalan rugi banget karena tempatnya yang asik banget dan pasti bakalan bergerutu unyu dalam hati "ah kampret tempatnya. Keren banget. percikan surga" dan kalo gak foto-foto bakalan jadi golongan orang-orang yang gak bisa memanfaatkan momen. Demi gak masuk golongan orang-orang yang gak bisa memanfaatkan momen akhirnya saya dan doi menutuskan melakukan kegiatan yang wajib dan paling ditunggu-tunggu kalo lagi bakunjangan, yap foto-foto.

Asli!!! Gak ada kata menyesel setelah saya pulang dari Pawon Tlogo, malah saya berniat entar bakalan ke sana lagi sama doi dengan status yang berbeda. Amin.

Mulai sekarang saya nyatakan, Pawon Plogo salah satu tempat favorit saya yang ada di Banjarmasin. Yap, saya emang selalu ngomong kayak begitu setelah pulang dari tempat-tempat bakunjangan.

Referensi: http://tilikbjm.com/
Gambar: http://tilikbjm.com/ http://google.com/ dan dokumentasi pribadi

23 komentar:

  1. Blog bayu kembali ke bentuk awal dan sedikit perubahan. Yeee...

    Bakunjangan itu bahasa daerah lo ya?
    Asik nih, jadi tahu salah satu tempat keren di sana \o/

    Btw, banyak yang "typo" nih bay :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, iya nih. kangen yang dulu lagi.

      iya, nyol. Bahasa daerah gue, bahas Banjar lebih tepatnya.

      Kalo lo main-main ke sini, entar gue ajak deh.

      Haha, iya nyol. Lumayan banyak juga ternyata, padahal udah baca beberapa kali. Thanks nyol infonya :)

      Hapus
    2. Kayaknya blog lo masih tahap perbaikan ya, gue tunggu sampe edisi finalnya hehe :D

      Siap bay, suatu saat nanti gue ke Banjar. Hoho

      Hapus
    3. Iya nih, masih banyak yang mau ditambahin.

      Sip, ditunggu. Haha

      Hapus
  2. Beuhh susah banget nyari link yang tadi bang, sori baru nyampe sini. Soalnya mesti search dulu keyword Bakunjangan-nya. Trus pas ketemu... ternyata keren banget!!!

    Itu Gazebo-nya boleh dong dipake foto-foto.. pantesan aja selalu penuh, abis Gazebo-nya unyu dan bercahaya gitu..
    Betah banget baru lihat fotonya, apalagi sampe di situ,.
    Aku mau dong bang diajakin ke sana jugaaa......!!!! =D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, sorry ya. Link yang tadi ada kesalahan makanya di apus :)

      iya, pokoknya kalo main ke BJM harus nyempetin singgah ke Pawon Tlogo.

      oh, iya dong. Foto-foto itu sesi yang paling sakral

      Hapus
    2. Oke bang, gapapa. Yang penting udah ketemuuu..
      Semoga ntar sempet main kalo ada duit dan ada kesempatan. :D

      Hapus
  3. Itu doinya ya bang? *salah fokus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan, doinya yang lagi nongkrong di gubuk

      Hapus
  4. Pernah lewat sini, tapi kada pernah singgah lagi :D

    Dari luar gin bagus tempatnya, bagus jua gasan befoto-foto wkwkkwkw :D

    Mun sebuah gazebo tuh muat brp orang ka? wahh bisa nih gasan kopdar blogger disini muehheheh

    Doa yang terakhir, di Aminkan deh. "Amin yarabbal Alamin". Jangan lupa sebar undangan gasan blogger banjarmasin ka lah :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, makanya apalagi dalamnya. bagus bagus

      eeh, bujur banar, suruh adit aja meurusnya. Lakasi.

      Amin. Insyaallah makasih :)

      Hapus
    2. Sippp, eh tapi next kopdar kita di segara jar ka ae. Jadi next next kopdar kena ae pulang :D

      Bisa menampung brp org ka dalam 1 gazebo tuh?

      Hapus
    3. Sipp. Tapi di segara itu di mana? Kada tahu ku

      Kada tahu ku pastinya muat berapa, yang pasti ukurannya kira-kira 4X4

      Hapus
  5. kak bayu bayarin aku di pawon tlogo doooooong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yahhh...
      Banyakan ikam kayaknya duit. Haha

      Hapus
  6. Apa? Dengan tempat sebagus itu harganya semurah itu? Kalau di sini pasti harganya di atas 50k. Sayang, tempatnya jauh dari tempatku yang kalau pakai ongkos aja jauh melebihi 50k hehe.

    Tapi iya tempatnya asyik Kak. Nggak salah kamu bikin tempat recommended buat dikunjungi. Ya siapa tau aku sama doi juga someday bisa ke sana bakunjangan :D

    Aku aamiin-in doa yang terakhir. Undangan buatku selipin buat ongkos dan hotel di Banjarmasin juga ya Kak. Jangan lupa loh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sgitu harganya. Makanya ke sini aja sama doi biar bisa bakunjangan. Hehe kali aja entar ada rezeky.

      Aminn, makasih banget doa. Yahh, doain entar saya punya pesawat pribadi deh, entar langsung dijemput di depan rumah

      Hapus
  7. ciyeee DP BBM nya ternyata dari sini toh lokasinya :-D

    bakunjangan?
    owh ternyata artinya jalan2.
    eike baru paham setelah scroll ke bawah kalimat demi kalimat.
    tempatnya syahdu ya yu (eh, asik maksudnya)
    ada kayak saung saung gitu / gazebo untuk tempat makan.
    kalo menurutku sih paling asik di yg bagian saung/gazebo itu drpd bagian lainnya.
    apalagi kalo ke sananya sama orang spesial atau sama kawan2.

    kamu berniat ke sana lg dengan doi dgn status berbeda? widih...
    statusnya apa orgnya yang berbeda???
    hahahaha.

    pawon tlogo ini cabangnya nggak ada yang di Jawa tengah/Jogja yaaa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, ketahuan deh :)

      iya bener banget, bakunjangan itu artinya jalan-jalan. Pokoknya cocok deh sama siapa aja ke situ, sendiri juga cocok, khusus buat yang patah hati biar tambah menghayati lagi patah hatinya.

      statusnya lah. Hahaha

      nah, kurang tahu kalo itu

      Hapus
  8. ciehhhhh jadi pengen kesana, Sayangnya ntah kapan bisa kesana -___-
    tapi tempatnya keren yakkk, itu pawon tlogo ada artinya lagi nggak bangbay?
    asri giimana gituh tempatnya, soalnya Pekanbaru rada bocor mataharinya.
    jadi kalau liat yang adem adem jadi pengen hijrah :|

    Ciehhhh,statusnya berubah jadi apa dulu ini bang :v
    wkwkwkw
    tampilan mukannya bangbay tiap foto kok nggak berubah ya bang :| *kena santet bangbay*

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh, berarti bakunjangan itu bahasa banjarmasinnya jalan-jalan ya bang ?

      Hapus
    2. gak tahu juga artinya apaan. Hehe

      Banjarmasin juga gak kalah bocor, tapi untung ada tempat kayak gitu, jadi enak buat ngadem apalagi harganya yang ramah banget.

      iya itu bahasa Banjar.

      jujur aja, kalo muka saya rusaknya parah -___-

      Hapus

Jadilah pembaca yang bersahaja dengan cara menyumbangkan deretan alfabet berupa komentar setelah membaca tulisan ini. Insyaallah yang komen bakalan saya dikomenin balik. So, jangan ragu kalo mau kasih komentar! Happy blogging :)